1.
Google (http://www.google.com)
Google merupakan sebuah perusahaan
publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing,
serta teknologi iklan online & perangkat lunak.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
·
Kelebihan
:
1.
Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. Lebih canggih dengan fitur yang
dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin
pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat
waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi
seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
·
Kekurangan
:
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya,
ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan
iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada
pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman
terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
Yahoo ialah sebuah perusahaan
Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat.
Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo!
Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo!
Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi
video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web
terbesar di Amerika Serikat.
Yahoo!
adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama
Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman
buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni
Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota
karena cuti besar.
·
Kelebihan
:
1. Adanya fitur e-mail yang banyak
disukai oleh orang-orang.
2.
Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3. Fiturnyanya yang komplit.
4. Yahoo juga menyediakan salah satu
fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali
dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
·
Kekurangan
:
1. Loadingnya membutuhkan waktu yang
lama
2. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak
bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
3. Teralu mudah untuk membuat id,
sehingga kadang-kadang disalah gunakan
4. Fitur Y!M masih sangat kalah jauh
dengan IM keluaran windows
5. Skin untuk Y!M masih sangatlah
simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
Microsoft Network atau MSN adalah
layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft. Diluncurkan pada tanggal
24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95,
Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista. Bagian-bagian dari MSN
adalah Hotmail, Windows Messenger, My MSN dan Download IE8. MSN kini tersedia
dalam semua bahasa di dunia.
Mesin
pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci
maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin
pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga
populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news.
Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan,
rumah.
·
Kelebihan
:
1. Mampu mencari video, musik, gambar,
dan beragam format file spesial.
·
Kekurangan
:
1. Pencarian dibutuhkan waktu yang lama
sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga sulit membedakan
antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya
dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
Bing
(sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs
mesin pencari web (diiklankan sebagai “mesin pengambil keputusan/decision
engine”) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk
reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya
terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Mesin
pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve
Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan
secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya,
yaitu Live Search.
Bing
diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli
Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh
hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan
kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive,
Facebook, dan email. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori,
yaitu:
1. Web untuk pencarian halaman situs
atau website.
2. Images untuk pencarian gambar.
3. News untuk pencarian berita.
4. xRank untuk pencarian siapa dan apa
yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Pada
tanggal 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana
Bing akan menggerakkan Yahoo! Search. Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search
diharapkan telah mengalami transisi tersebut pada awal 2012.
Pada
Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru,
dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih
relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai “Tiger”
ini telah dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012,
Bing mengumumkan rancangan ulang lain ada mesin pencarinya yang mencakup “Bilah
sisi” (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk
mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.
5.
Web Crawler
Web
crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah
yang terkait atau berhubungan langsung dengan search engine. Search
engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada
di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga
ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search
engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan
yang dicari.
Ketika
web crawl search engine mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang
terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti
meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web
crawl, search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website
tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan
proses penentuan ranking setiap halamannya.
·
Kelebihan
:
1.
Suatu program atau script otomatis yang relatif simple.
2. Dapat digunakan untuk beragam
tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait atau berhubungan
langsung dengan search engine.
3. Fungsi web crawler untuk search
engine jauh lebih kompleks bahkan detail
4. Algoritma search engine raksasa
seperti google tidak mudah terungkap.
·
Kekurangan
:
1. Beroperasi hanya sekali, misalnya
untuk suatu projek yang hanya sekali jalan.
2. Secara umum web crawler mengakses
sebuah url website melalui internet, proses crawling dapat dilakukan dengan
teknik multi-thread agar optimal.
3. Konten seperti teks dan metadata
akan disimpan pada media penyimpanan, sedangkan link/ url yang ditemukan akan
disimpan kedalam daftar antrian, dan dijadwalkan untuk proses berikutnya.
No comments:
Post a Comment